Benarkah jika Anda sudah merokok selama 40 tahun terakhir, Anda tidak mungkin bisa berhenti? SALAH! Ada sejumlah mitos tentang merokok yang salah.

Mari kita bongkar 5 mitos yang salah tentang merokok!

  1. Mitos: Anda harus menunggu “waktu yang tepat” untuk berhenti

Tidak ada “waktu yang tepat”. Waktu yang tepat adalah ketika Anda memilih untuk terlepas dari kekhawatiran dan masalah yang biasa Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan perokok menunggu sampai mereka menikah atau hamil untuk dianggap sebagai “waktu yang tepat”. Waktu Anda bisa sekarang, lihat kisah Nelissa Zali mengakhiri kecanduan merokok.

  1. Mitos: Nikotin menyebabkan kecanduan

Menurut MalayMail, nikotin saja tidak menyebabkan kecanduan. Ini merupakan kombinasi dari nikotin dan produk sampingan dari pembakaran yang menyebabkan gejala penarikan (withdrawal symptoms).

  1. Mitos: Setelah seorang perokok merokok untuk sementara waktu, sistemnya sudah rusak secara permanen

Untungnya, ini tidak benar. Seketika setelah Anda berhenti, tubuh Anda akan mulai memperbaiki sendiri. Hanya setelah 20 menit dari rokok terakhir Anda, detak jantung dan tekanan darah Anda mulai normal. Dalam setahun, Anda akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan pernapasan.

  1. Mitos: Perokok yang telah didiagnosis menderita kanker tidak akan melihat manfaat dari berhenti merokok.

Bagi beberapa pasien kanker, berhenti merokok dapat mengurangi risiko kematian. Berhenti juga mengurangi risiko berkembangnya komplikasi kesehatan berbahaya lain sebagai akibat dari sistem kekebalan yang melemah, dan membuat mereka lebih mudah untuk pulih dari perawatan seperti operasi dan kemoterapi. Berhenti juga dapat membantu mencegah kanker berulang atau kanker kedua berkembang.

  1. Mitos: Anda bertambah berat badan setelah berhenti

Jika Anda berhenti merokok dan menggantinya dengan camilan yang tidak sehat maka Anda cenderung bertambah berat badan. Namun, jika Anda berhenti dan menjalankan diet sehat, kemungkinan Anda tidak akan bertambah berat badan karena berhenti merokok. [/N]

Leave a Reply

Your email address will not be published.